Salah satu produsen roda dua terbesar di dunia adalah Honda. Apakah detikers tahu bagaimana motor pertama buatan mereka? Redaksi detikOto melihat langsung Type A sebagai motor pertama buatan Honda saat mengunjungi Honda Collection Hall di Motegi, Jepang. Kendaraan ini dibuat pada tahun 1947, dua tahun setelah perang dunia kedua berakhir. Mesin yang dibuat tahun sebelumnya digunakan oleh Honda Type A. Pada tahun 1946, model lain dengan basis sepeda dipasangkan 'gelonggongan'.
Honda Type A masih berbentuk sepeda kumbang secara umum. Hal ini dapat dilihat di hampir semua komponen, mulai dari jok, setang, sadel, genjotan, hingga rem model capit. Namun, kendaraan tersebut hanya memiliki mesin, sabuk roda, dan tangki bahan bakar. Honda Type A hanya berbobot 10 kg. Meskipun demikian, mesin ini terdiri dari satu poros rotasi dua tak dengan kapasitas 50 cc dan berpendingin udara. Pada 5 ribu rpm, komponen ini hanya dapat menghasilkan tenaga 0,5 PS.
Meskipun spesifikasinya tidak istimewa, Honda Type A memiliki keunggulan dalam mekanisme dan proses pembuatan. Komponen mesin Type A dibuat dengan metode die casting, sementara komponen mesin lain biasanya dibuat dengan metode sand casting. Kami menggunakan die casting di bengkel kami. Tidak seperti sand casting, di mana kami perlu membuat cetakan logam untuk die casting. Ini akan menghasilkan biaya. Menurut Kawashima, salah satu karyawan pertama Honda, menghasilkan keuntungan dari metode ini terasa sulit dengan kecepatan produksi mesin kami saat itu, dikutip dari Honda Global, Kamis (6/11).
"Merek lain senang dengan sand casting. Namun, Pak Tua (Soichiro Honda) menegaskan, "Apa pun yang terjadi, kami akan menggunakan die casting!"
Meskipun Type A didaulat sebagai produk roda dua pertama Honda, motor "utuh" pertamanya baru dirilis setahun kemudian. Kendaraan yang disebut Honda Dream D memiliki tampilan dan fitur yang hampir mirip dengan motor modern.
"Merek lain senang dengan sand casting. Namun, Pak Tua (Soichiro Honda) menegaskan, "Apa pun yang terjadi, kami akan menggunakan die casting!"
Meskipun Type A didaulat sebagai produk roda dua pertama Honda, motor "utuh" pertamanya baru dirilis setahun kemudian. Kendaraan yang disebut Honda Dream D memiliki tampilan dan fitur yang hampir mirip dengan motor modern.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar