Jumat, 28 Maret 2025

Dengan modifikasi ekstrim, Porsche 911 GT3 Siap untuk Menaklukan Sirkuit

 


Tuning dan motorsport Jerman Manthey Racing kembali ke Sirkuit paling menantang di dunia, dan tertangkap kamera sedang menguji Porsche 911 GT3 facelift dengan berbagai modifikasi. Menurut VIVA dari Autoevolution, perusahaan asal Jerman memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah detik yang diperlukan untuk setiap lap dari Porsche 911 GT3 Manthey Performance Kit 992.1-series, yang sudah terbukti sangat cepat. Mobil sport ini diuji dengan sayap belakang spesifikasi Weissach. Untuk mengejar waktu putaran tercepat, suspensi yang lebih rendah adalah perubahan paling menonjol dari model standar. Manthey Racing juga mengubah diffuser aerodinamis belakang untuk menciptakan area bertekanan rendah untuk meningkatkan downforce. Keesokan harinya, Manthey Racing kembali melakukan perubahan dengan mengubah sayap belakang menjadi sedikit lebih besar. Sayap ini memiliki endplate yang berbeda dari versi Weissach, dan roda belakangnya dilengkapi dengan cakram aero karbon. Bumper depan sekarang memiliki canard dan splitter yang lebih besar dari standar. 

Rollcage yang berfungsi meningkatkan perlindungan dan mengurangi fleksibilitas sasis saat dikendarai secara agresif jika dilihat melalui kaca belakang. Manthey Racing mungkin menggunakan suspensi coilover dari 911 GT3 992.1 yang telah diperbarui. Suspensi ini memiliki strut pegas yang dapat disesuaikan dengan empat tingkat redaman. Selain itu, versi Manthey Racing dari Porsche 911 GT3 memiliki rem karbon-keramik yang dilengkapi dengan selang baja braided untuk meningkatkan respons dan feedback pengereman. 

Gambar yang beredar menunjukkan bahwa mobil ini memiliki roda yang berbeda dari versi standar. Dengan pilihan warna Satin-Gloss Black, Neodymium, Dark Silver, dan Brilliant Silver, desainnya mirip dengan roda ringan 20 dan 21 inci dari seri 911 GT3 991.2. Dengan roda yang lebih ringan, Anda dapat mencapai akselerasi yang lebih cepat, pengereman yang lebih baik, dan handling yang lebih tajam. Roda Manthey Racing ini ringan dengan ban depan 255/35 ZR20 dan belakang 315/30 ZR21. Untuk mendapatkan performa terbaik, Porsche menyarankan ban Michelin Sport Cup 2 R. Namun, peningkatan ini pasti mahal. Di Amerika Serikat, paket Manthey Performance Kit untuk Porsche 911 GT3 992.1 dihargai sekitar USD 72.000, atau sekitar Rp1,1 miliar. 

Meskipun demikian, pembelian roda ringan tambahan dapat meningkatkan biaya sekitar USD 20.000, atau sekitar Rp320 juta.Biaya untuk versi Manthey Racing bisa melebihi USD 300.000 (sekitar Rp4,8 miliar) jika harga dasar Porsche 911 GT3 saat ini adalah USD 222.500 (sekitar Rp3,5 miliar). Pada mesin flat-six naturally aspirated GT3, Manthey Racing tidak melakukan modifikasi apa pun. Kekuatannya tetap 502 hp dan torsi 449 Nm.


Mengadaptasi sistem dari Porsche 911 S/T edisi terbatas, baik transmisi manual maupun PDK (Porsche Doppelkupplung) memiliki kecepatan akhir yang lebih pendek 8% dibandingkan versi standar. Hasilnya, untuk versi manual, akselerasi 0-97 km/jam (0-60 mph) dapat dicapai dalam 3,7 detik, dan untuk transmisi dual-clutch PDK, 3,2 detik. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar