Cari Blog Ini

Selasa, 09 Desember 2025

Sebab Honda Vario 125 Terbaru Tidak Memiliki Rangka eSAF

 


Seperti Vario 160, Honda Vario 125 terbaru tidak menggunakan rangka Smart Architecture Frame (eSAF) yang diperbarui. Ini ternyata menjadi penyebabnya. Menurut Hikaru Yokomura, pemimpin proyek besar Vario 125 di Honda R&D Southeast Asia Co., Ltd., rangka underbone konvensional atau pipa tubular masih digunakan pada Honda Vario 125.

Kami menggunakan rangka pipa (rangka tubular), bukan eSAF. Kami menggunakan pipa frame karena dirancang untuk memenuhi kebutuhan engine dan sesuai dengan yang digunakan. Saat sesi konferensi pers New Vario 125 di AHM Safety Riding and Training Center di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (1/12/2025), dia mengatakan, "Satu paket."

Dia juga mengatakan bahwa penggunaan pipa frame ini adalah pilihan yang disesuaikan untuk kebutuhan engine. Ini berarti bahwa pipa frame dan engine 125cc bekerja sama untuk mencapai tujuan keringanan, keseimbangan, dan penggunaan sehari-hari.

Seperti yang diketahui, jenis rangka baru bernama eSAF diperkenalkan pada tahun 2019 dan dipasang pada model seperti Genio, BeAT, Scoopy, dan Vario 160. Rangka ini menggunakan mesin 110 cc dan 160 cc.

Menurut pernyataan Hikaru, keputusan untuk mempertahankan rangka tubular pada Honda Vario 125 merupakan bagian dari pendekatan desain yang lebih luas.

Selain itu, seperti sebelumnya, Honda tetap menggunakan mesin eSP.

Model ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menjaga keseimbangan. Saya mempertimbangkan baik engine maupun kombinasi frame saat ini. Kami menyematkan engine saat ini yang sudah digunakan untuk membuatnya lebih ringan dan dapat disesuaikan dengan model. Hikaru mengatakan, "Itu yang membuat kami memutuskan untuk menggunakan engine tersebut."

Dengan mesin 125cc yang didinginkan dengan air dan dilengkapi dengan teknologi eSP, All New Honda Vario 125 diklaim memiliki konsumsi BBM hingga 51,7 km/liter. Motor ini memiliki kekuatan 8,2 kW pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar