Kawasaki meluncurkan Ninja 500 SE (Special Edition) model tahun 2025 untuk memperkuat lini motor sport kelas menengahnya. Motor ini, yang merupakan penambahan terbaru dalam seri Ninja, menawarkan kombinasi performa yang menarik, handling yang ringan, dan berbagai fitur premium, yang menjadikannya pilihan yang ideal bagi pembalap harian dan penggemar sport yang mencari nilai lebih. Yang membuat IWB kaget cak…banderolnya, waahh jiann murah tenan untuk ukuran mesin 500cc. Apa yang Anda lihat? Perhatikan penjabaran IWB berikut ini....
Kawasaki memperkenalkan Ninja 500 SE 2025 yang hadir dengan jantung pacu yang baru dan lebih besar, menggantikan mesin 400 cc sebelumnya. Artinya dengan kedatangan versi ini maka yang Ninja 400 distop cak. Sesuai dengan namanya maka sampeyan bisa tebak, bahwa mesin yang diusung adalah 2 silinder. Berikut detil enginenya
| Spesifikasi Mesin | Detail |
| Tipe Mesin | Pendingin cairan, 4-tak, Parallel Twin |
| Kapasitas | 451 cm³ |
| Tenaga Maksimum | 38.3 kW (sekitar 51.3 hp) @ 10,000 rpm |
| Torsi Maksimum | 42.6 N•m @ 7,500 rpm |
| Sistem Katup | DOHC |
| Transmisi | 6 percepatan |
Rangka Trellis Ringan: Ninja 500 memiliki rangka tipe trellis yang mirip dengan yang digunakan oleh Ninja H2 supercharged. Dengan massa kosong (curb mass) hanya 172 kg, rangka ini memainkan peran besar dalam bobot motor yang ringan.
Pengereman Supersport: Motor ini memiliki rem cakram semi-floating tunggal di depan dengan diameter 310 mm yang besar—sama dengan diameter sport tourer kelas atas Ninja ZX-14R—yang membuat pengeraman motor lebih baik. Model ini juga memiliki sistem pengereman anti-lock (ABS).
Assist & Slipper Clutch: Fitur standar ini membuat berkendara sehari-hari lebih nyaman dengan meringankan tarikan tuas kopling. Slipper juga mengurangi lompatan dan selip roda belakang saat downshift agresif.
Ninja 500 SE Special Edition menawarkan peningkatan kenyamanan dan teknologi serta fitur premium yang tidak ada pada versi standar:
KIPASS adalah sistem kunci utama pintar Kawasaki untuk mengaktifkan kunci kontak dan kunci setang secara nirkabel (tanpa kunci) selama kunci fob berada dalam jangkauan.
Layar TFT full color: Model SE memiliki instrumentasi layar TFT yang lebih baik dan informatif, berbeda dengan model standar yang menggunakan panel LCD.
USB-C Outlet: Ada port pengisian daya USB-C yang mudah digunakan untuk perangkat pengendara.
Kaca pelindung angin asap: Kaca pelindung angin berwarna gelap yang memberikan tampilan yang lebih sporty.
Konektivitas Smartphone: Kedua model standar dan SE memiliki konektivitas, yang memungkinkan pengendara terhubung ke motor mereka dan menikmati fitur komunitas, log berkendara, dan notifikasi melalui aplikasi.
Kawasaki menyebut posisi berkendara Ninja 500 SE sebagai "santai namun sporty". Dengan tinggi jok 785 mm dan desain motor yang ramping di bagian belakang, pengendara merasa percaya diri, terutama bagi pemula. Motor ini memiliki "wajah" Ninja desain terbaru, yang ditunjukkan oleh dua lampu depan tipis baru di bawah fairing berlapis (layered bodywork) yang mengalir dari depan ke belakang, memberikan tampilan yang segar dan agresif. Bagus sekali...
Akhir sekali, Kawasaki Ninja 500 SE 2025 adalah pilihan sport kelas menengah premium. Motor ini jelas menggoda cak dengan mesin 451 cm3 bertenaga, bobot ringan, dan fitur premium seperti KIPASS dan layar TFT. Ninja 500 SE sendiri dijual di Filipina dengan harga ₱379,600, atau sekitar 107 juta rupiah, di pasar. Sangat murah untuk motor 500cc. Akankah masuk ke Indonesia? Dari perspektif IWB, PT KMI tampaknya tidak tertarik. Oleh karena itu, tidak ada gunanya mengingat keinginan saya untuk motor ini.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar