Cari Blog Ini

Kamis, 27 November 2025

Kami Melihat Teknologi untuk Proto HEV yang Diharapkan Yamaha XMAX Hybrid!

 


Yamaha sedang mengerjakan Future Mobility Energy Mix yang akan digunakan di seluruh dunia. Hydrogen engine, fuel cell, dan electric powertrains bukan satu-satunya produk Yamaha; mereka juga mengembangkan mobil listrik bertenaga baterei. Salah satunya adalah skutik dengan penggerak hybrid. prototipe kendaraan listrik hibrida (HEV). Proto HEV yang menggunakan sistem penggerak Seri Parallel Hybrid EV. Dimensi motor ini mirip dengan Yamaha XMAX, dan memang benar bahwa basis mesin bakarnya 300 cc mirip dengan XMAX yang dipasarkan di Eropa. Tapi suspensi upside down dan setangnya mirip dengan Yamaha TMAX. Namun, itu bukan yang menarik!


Sistem penggeraknya adalah yang paling menarik. Motor ini dilengkapi dengan mesin 300 cc dan motor listrik. Selain itu, ada baterai yang digunakan untuk mensuplai listrik ke motor listriknya. Melihat mesinnya tampak aneh. Blok silinder 300 cc-nya ditempatkan di tengah, seperti skutik biasa. Namun, ada perbedaan yang signifikan di sisi kiri: knalpot dan boks air filter berada di tempat transmisi CVT.


Di sebelah kanan, mesin 300 cc-nya didinginkan oleh radiator, dan sebuah motor listrik tipe side drive terhubung langsung ke roda belakang melalui gear box kecil. Karena skutik Yamaha terbaru tidak dapat dicharge langsung ke colokan listrik di rumah, perangkat smart motor generator memungkinkan starter sekaligus pengisian baterai. Dia berada di sebelah kiri poros kruk as. Sangat berbeda dari mesin Yamaha XMAX biasa.


Motor ini memiliki dua mode berkendara yang dapat dipilih. "Static dan Dynamic", kata Takahiro Masuda dari bagian Advanced Planning & Development dari Pusat Pengembangan Powertrain Yamaha Motor Co., Ltd. Cara paling mudah untuk mengubah mode adalah dengan membuka gas secara santai. Ini akan mengaktifkan mode Static secara otomatis. Saat Anda membuka gas besar dan gas pol secara bersamaan, modenya langsung berubah menjadi Dynamic.


Mode statis berjalan sepenuhnya dengan listrik dengan kecepatan di bawah 50 km/jam.
Sangat baik untuk berkendara di kota. Respon terhadap kecepatan rendah "Lebih senyap dan minim getaran, mengurangi stres, dan ramah lingkungan", kata pria yang ramah, yang juga terlibat dalam pengembangan valve variable di motor kecil Yamaha. Teknologi VVA yang digunakan pada Yamaha NMAX dan Aerox adalah hasil kerjanya. Mode dinamis adalah hybrid paralel yang menggabungkan mesin 300 cc dan motor listrik.

Dengan mesin 300 cc tanpa hybrid, efisiensi meningkat hingga 35%, meskipun akselerasi lebih cepat dan bertenaga. Tahniah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar