
Saat motor dibawa jalan, bodi Vespa matik bergetar. Berkendara menjadi tidak nyaman karena motor terasa goyang dan getar berlebihan. Pemilik Scooter VIP, Dennil Sagita, yang beroperasi sebagai bengkel spesialis Vespa modern di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan bahwa masalah dengan mounting engine menyebabkan getaran berlebihan, terutama di tengah jok. Gejala awal waktu jalan sangat terasa di tengah, dengan goyangan di sebelah jok tengah. Tapi waktu melongo bukan karena ban bocor atau kempis dari motor. itulah sebabnya. Menurut Dennil, itu berasal dari mounting engine. Dennil mengatakan bahwa jika Vespa matik bergetar dengan tidak wajar, ada tiga komponen yang harus diperiksa: karet mounting engine, karet buffer, atau karet donat, dan bearing swingarm dan spacer. Biasanya, masalah terbesar adalah karet mounting engine yang sudah getas, tetapi masalah juga dapat berasal dari spacer atau bearing yang tidak berfungsi. Semua komponen ini harus diperiksa secara individual, katanya. Menurut Dennil, gejala biasanya berasal dari karet engine mounting yang sudah aus, tetapi juga dapat berasal dari masalah di spacer atau bearing yang sudah rusak.
Karena sifat karet yang dapat mengeras atau getas seiring bertambahnya usia atau karena sering terpapar air atau genangan air di jalan, karet yang menempel pada motor menjadi masalah. Selanjutnya, spacer terbuat dari logam, yang mudah berkarat saat digunakan. Oleh karena itu, gejala getaran tersebut juga dapat disebabkan oleh bearing yang aus atau rusak. Biasanya, dua unit engine mounting diperlukan untuk satu motor. Menurut Dennil, harga suku cadang dapat bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya, dan Anda dapat menggunakan yang original atau aftermarket.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar