-Ads Here-
Toyota Avanza sebagai pemimpin pasar MPV sejuta umat memang punya karisma yang kuat. Sejumlah pemain seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio datang dengan segala kekuatan tetapi, Avanza masih tetap di depan. Sejumlah kalangan menilai desain Avanza telah waktunya untuk berubah total atau berganti generasi. Maklum semenjak diperkenalkan pada 2003 sampai saat ini desainnya masih "begitu-begitu" saja. Penyegaran ada tapi belum radikal (berubah generasi).
"Jika memang sudah saatnya ganti generasi tentu bakal kami lakukan. Tapi tak semudah itu, banyak hal yang mesti dipertimbangkan, tergolong keinginan dari para konsumen yang didapat melalui survei," kata Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata, di Pontianak (4/8/2017). Meluncurkan generasi baru bukanlah perkara tidak sulit, Nakata menjelaskan ada faktor-faktor yang jadi kunci utama. Semua aspek melebur jadi satu , kebutuhan konsumen, vendor, tren, teknologi bahkan hingga kebijakan pemerintah.
"Penentuan mengganti generasi tidak bisa diputuskan cepat, atau sebab ada kompetitor baru datang. Perencanaan kami buat untuk lima tahun bahkan hingga 10 tahun ke depan. Begitu juga dengan pengembangan Avanza," ujar Nakata.
Pemain baru
Saat ditanya soal pemain baru, Nakata mengungkapkan bahwa pihaknya optimis bisa tetap bertahan. Alasannya, konsumen Indonesia dalam membeli mobil masih memikirkan tidak sedikit hal, antara lain ketersediaan bengkel resmi serta komponen penunjang yang tidak sulit, dan nilai jual kembali.
"Kami tetap optimis dan tentu selalu mengawasi impak pasar dan pergerakan dari pemain lain. Kita juga punya senjata untuk tetap bertahan," kata Nakata.
-Ads Here-