-Ads Here-
Sejauh ini cuma ada satu model yang masuk ke dalam segmen MPV murah 7 penumpang, yakni Datsun GO+ Panca. Hanya saja mobil ini mengusung konfigurasi kursi 5+2. Konfigurasi kursi ini dinilai nanggung lantaran pada kursi baris ketiga tidak bisa digunakan oleh penumpang dewasa. Perihal ini sepertinya menjadi catatan krusial dalam pengembangan Daihatsu Sigra. Mobil ini terlihat agak lebih panjang, juga lebih lebar dan lebih tinggi dari pada GO+ Panca. Dengan begitu juga kenyamanan akan lebih menjadi terasa. Sebagai perbandingan, tidak pendek x tidak sempit x tidak rendah Sigra yakni 4.070 mm x1.655mm x 1.600 mm. sementara GO+ Panca mempunyai panjang3.995mm, lebar1.635mm dan tidak rendah 1.490 mm. Sigra juga mempunyai wheelbase yang lebih tidak pendek, yakni2.525mm. Sementara GO+ Panca mencapai2.450mm. Kemudian ground clearance Sigra mencapai 180 mm, atau lebih rendah dua puluh mm dari Xenia. Sementara Datsun GO+ Panca tidak banyak lebih tidak tinggi, yaitu 170 mm. Selain dimensinya yang lebih besar, Daihatsu Sigra juga mempunyai kabin yang lega mulai dari penumpang depan, kursi baris kedua dan ketiga, sampai kapasitas bagasi. Luas kabin kursi depan mobil ini adalah tujuh ratus dua puluh mm, sedangkan kursi baris kedua enam ratus sembilan puluh mm dan kursi baris ketiga enam ratus empat puluh mm. Ukurannya lebih luas dari GO+ Panca yang mempunyai luas enam ratus sembilan puluh mm di kursi depan, dengan baris kedua seluas enam ratus lima puluh mm dan kursi baris ketiga yang cuma lima ratus sembilan puluh mm. Tidak hanya itu saja, ruang kepala MPV murah Daihatsu juga unggul dari rivalnya. Tinggi ruang kepala depan mencapai 940 mm, tidak rendah ruang kepala kursi baris kedua sembilan ratus dua puluh mm dan tidak rendah ruang kepala baris ketiga 860 mm. Sementara pada Datsun GO+ Panca tidak banyak lebih tidak tinggi. Tidak rendah ruang kepala penumpang depan 920 mm, tidak rendah baris kedua sembilan ratus mm dan tinggi ruang kepala baris ketiga 780 mm. Secara logika, ruang kepala yang lebih tidak rendah akan membuat penumpang lebih nyaman saat berada didalam kabin mobil. Dan bagaimana juga dengan bagasi belakang mobil Sigra? Nah Daihatsu juga telah menawarkan ruang bagasi belakang yang lumayanagak luas. Pengguna dapat meletakkan 3 galon air dibagasi mobil Sigra. Kapasitas untuk bagasi belakang LCGC 7 seater ini pada saat kursi dibaris ke 3 tak dilipat mencapai 263 liter. Pengguna dapat melihat kursi baris ketiga sehingga mendapat ruang bagasi dengan luas 503 liter jika mau lebih luas Saat kursi baris ketiga dilipat, pemilik mampu meletakkan galon air, boks minum besar, sampai tas yang berukuran besar. Konsumen saat ingin membawa tidak sedikit barang bawaan akan dipudahkan kapasitas bagasi yang tidak kecil pasti. Sementara untuk GO+ Panca cuma mencapai 48 liter. Jika ingin lebih luas, kursi baris ketiga dapat dilipat sehingga memperoleh kapasitas tiga ratus empat puluh tujuh liter. Lebih kecil dari bagasi milik Daihatsu Sigra. Banyak orang yang bertanya-tanya seperti apa performa mesin MPV murah Daihatsu ini. Pasaknya mobil ini cuma mengandalkan mesin berkapasitas seribu cc yang sama dengan Ayla. Padahal secara bobot pasti lebih berat dari city car tersebut. Rupanya, meskipun kapasitas mesin sama, tapi teknologi yang diberikan berbeda. Sigra mengandalkan hanya mesin berkode 1 KR-E dengan konfigurasi 3silinder. Sudah DOHC dan mengadopsi teknologi VVT-i serta Drive by wire. Dapur pacunya ini telah memiliki tenaga lumayan sebesar 67PS dengan torsi 8,9Nm. Power ini tidak banyak lebih tidak besar dari GO+ Panca bermesin 1.2L yang mempunyai daya enam puluh tujuh koma sembilan PS dengan torsi sepuluh koma empat Nm. Sedangkan mesin kedua Sigra 1.3L berkode 3NR-VE, DOHC, dengan Dual VVT-i dan drive by wire. Tenaganya mencapai delapan puluh delapan PS dengan torsi 10,8 Nm.
VIDEO
-Ads Here-